Tips Lewat di Turunan / Tanjakan Dengan Tuas Transmisi Mobil Matic

Mesin Turbo – Mobil matic makin banyak digunakan karena kepraktisannya dan kemudahannya dalam mengemudi, bahkan di kota-kota besar mobil matic lebih diminati dari pada mobil manual karena saat macet tidak perlu mengganti-ganti posisi tuas transmisi, bisa dikatakan pengemudi tidak cepat merasa lelah ketika sedang mengemudi mobil matic dibandingkan mobil manual.

Karena jika menggunakan mobil manual transmisi, yang perlu di lakukan ketika pada kondisi jalan yang macet atau lancar perlu malakukan pergantian gigi. Selain itu juga supir perlu menginjak kopling terlebih dahulu untuk memindahkan gigi transmisi. Contohnya dalam keadaan macet, si supir harus mengurangi giginya ke gigi rendah 1 /2, jika 3 maka penggunaan kopling dan gigi merasa terbebani yang menjadikan mesin merasa berat nariknya. Pergantian transmisi inilah yang menjadikan kaki supir sedikit lelah

Apalagi jika pada kondisi tanjakan dan turunan, namun mobil manual cukup ahli dalam tanjakan karena bisa dengan mudah untuk menambah dan mengurangi transmisi nya. Kebanyakan supir di Indonesia pengguna kendaraan manual. Nah semenjak banyak keluar dan mengetahui kelebihan mobil matic, banyak yang pindah ke kendaraan matic yang lebih ringan cara berkendaranya dan santai.

Akan tetapi, banyak pecinta otomotif yang belum mengetahui cara yang tepat saat mobil melewati tanjakan atau turunan panjang atau curam, misalnya saat liburan ke tawangmangu & sarangan atau daerah2 pegunungan

tips tanjakan dan turunan mobil matic

Memang untuk di jalan tanjakan mobil manual lebih perkasa dibanding mobil matic karena bisa menentukan gigi mobil dengan pasti (1-2-3-4), akan tetapi bukan berarti mobil matic tidak bisa melewati tanjakan/turunan, pengemudi hanya butuh tahu caranya.

Tips Melewati Tanjakan atau Turunan Curam Mobil Matic

Bagi kamu yang sedang baru nyaman menggunakan mobil matic dan belum tahu beberapa fungsi dan menjaga keamanan dalam berkendara,berikut adalah tips saat melewati tanjakan atau turunan curam pada mobil matic. Contoh gambar transmisi mobil matic Daihatsu Terios

tuas transmisi matic

  1. Gunakan transmisi paling rendah atau gigi L
  2. Pada tuas transmisi mobil matic terdapat posisi P R N D 3 2 dan L, di bawah ini penjelasan transmisi mobil matic.
  • P parkir
  • R gigi mundur
  • N netral
  • D drive gigi 1sampai 4
  • 3 hanya gigi 1sampai 3
  • 2 gigi 1sampai 2
  • L hanya gigi 1 saja

Ada juga Tuas transmisi matic yang memakai seperti, contoh seperti transmisi mobil matic Mitsubishi Xpander

tuas transmisi matic mitsubishi xpander

  • P parkir
  • R gigi mundur
  • N netral
  • D drive
  • OD od off gigi 1sampai 3
  • 2 gigi 1 sampai 2
  • L hanya gigi 1 saja

Ada juga sekarang matic yang pakai paddle shift, paddle shift posisi tuasnya terpasang di kanan & kiri dibawah stir, sebelah bagian kiri untuk mengurangi dgn tanda ( – ) dan sebelah kanan menambah dengan tanda ( + )

Untuk yang menggunakan model transmisi matic seperti di atas, biasanya tampilan tuas ransmisi seperti ini :

tuas transmisi mobil matic terbaru

  • P parkir
  • R mundur
  • N netral
  • +
  • D-S

Nah saat menghadapi tanjakan curam atau akan melewati turunan curam (sebelum melewatinya) maka pindahkan dahulu tuas transmisi ke 3 atau L disesuaikan kondisi medan, tuas transmisi ini digunakan untuk memperoleh torsi yang paling besar pada mobil saat menanjak, posisi 3 sampai L ini juga dipakai untuk menghambat laju mobil yang paling kuat pada saat menurun. Posisi 3 sampai L ini seperti pada manual 3 sampai manual 1 Jika turunan atau tanjakan tidak terlalu curam (landai dan panjang) maka tidak perlu di pindah cukup diposisi D saja.

Gunakan rem mesin sebelum rem kaki
Penggunaan posisi transmisi untuk mengurangi laju kendaraan di jalan turunan ini lazim dikatakan rem mesin, sedangkan rem yang sebenarnya banyak orang mengistilahkan rem kaki. Dalam menghadapi turunan maka yang dipakai terlebih dahulu adalah rem mesin, namun jika dirasa mobil kurang sempurna melewati turunan (laju terlalu cepat) baru kita gunakan rem kaki.

Penggunaan rem kaki terlalu banyak bisa berakibat rem panas dan blong (terutama saat turunan panjang), sebaiknya gunakan rem mesin jika diperlukan.

Sudah tahu apa itu rem mesin ?

Mengenal Istilah Engine Brake / Rem Mesin

Mengenal Istilah Engine Brake Rem Mesin 

Dalam dunia automotif kamu harus mengenal istilah “engine brake” . Kamu sudah tahu soal engine brake? Maksud engine break adalah pengereman dengan memanfaatkan kekuatan mesin.

Engine brake dapat dilakukan dengan cara mengurangi kecepatan dengan cara mengurangi persneling secara beruntun. Cara ini terbukti efektif jika anda terpaksa harus mengurangi kecepatan kendaraan secara spontan akibat sesuatu hal.

Jika dilakukan dengan cara-cara yang benar, langkah ini merupakan salah satu perawatan kendaraan yang tidak terlalu membutuhkan banyak biaya. Manfaat yang bisa diperolah dari penggunaan engine braking adalah dapat menghemat kanvas rem.

Cara yang benar untuk melakukan engine brake jika kamu adalah supir yang menggunakan kendaraan dengan transmisi manual adalah apabila tuas transmisi sedang berada pada posisi gear lima janganlah langsung memindahkannya ke posisi gear tiga atau 2, bisa rompal nanti mesin kamu hahah 😀

Alangkah baiknya kamu melakukan perpindahan gear dengan cara teratur, misalnya dari posisi kelima lalu keempat kemudian ketiga dan seterusnya. Jika memaksakan perpindahan gear secara tidak teratur atau melompat, akibatnya akan merusak mesin.

Hal tersebut juga berfungsi juga untuk mobil bertransmisi otomatis. Terutama ketika melewati jalanan menurun. Caranya, pindahkan tuas transmisi dari posisi ‘D’ ke posisi ‘2’. Jika masih kurang terasa efek pengeremannya, pindahkan tuas transmisi ke angka ‘1’. Namun hati-hati, bila salah penerapannya pedal rem akan terasa bergetar. Hal ini terjadi akibat fungsi cakram pada roda depan bekerja tidak merata

Namun dalam penggunaan engine break yang benar adalah dilakukan hampir serentak dgn rem kaki, sehingga beban kedua sistem ini akan terbagi, dan sebelum melewati tanjakan turunan ini, usahakan isi bbm dengan oktan tinggi di spbu terdekat. Supaya mesin dan rem dan tarikan serta hentakan mesin itu bisa kita dapatkan lebih baik.

0