Cara Prosedur Memperpanjang Pajak Kendaraan Bermotor

Mesin TurboBagaimana Prosedur Memperpanjang Pajak Kendaraan Bermotor ? Permasalahan ini sering kali di pertanyakan oleh pengguna kendaraan yang ingin melakukan proses perpanjangan pajak kendaraan bermotor mereka. Kendaraan roda dua maupun roda empat dan kendaraan niaga lainnya. Proses tersebut tidak semua pemilik kendaraan mengetahui prosedur yang harus dilalui untuk menunaikan kewajiban tersebut.

Pajak kendaraan adalah hal yang wajib dilakukan oleh pengguna atau pemilik kendaraan bermotor. Membayar pajak kendaraan bermotor merupakan rutinitas tahunan yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan. Dan saat jatuh tempo, mengambil jalan pintas melalui jasa calo perpanjang pajak kendaraan adalah hal yang umum dilakukan demi menghindari kebingungan dan antrian yang panjang.

Namun jika Anda memiliki cukup pengetahuan soal hal tersebut, maka dengan mempersiapkan seluruh dokumen yang harus dibutuhkan terlebih dahulu/sebelumnya dan sedikit kesabaran, Anda terhindar dari kebingungan dan dapat menghemat biaya ekstra yang umum dikeluarkan untuk membayar jasa calo.

Cara Prosedur Memperpanjang Pajak Kendaraan Bermotor

Inilah Prosedur Resmi Memperpanjang Pajak Kendaraan Bermotor :

1. Isi formulir permohonan perpanjang STNK sesuai data yang ada di STNK dan BPKB secara benar. Formulir yang di butuhkan dapat di ambil di loket pendaftaran. Lengkapi formulir dengan lampiran berkas yang dibutuhkan. Apa saja Berkas yang harus dilampirkan saat perpanjang pajak kendaraan ? Berikut yang harus di siapkan sesuai kebutuhan :

Perpanjangan pajak STNK Tahunan

  • STNK Asli + Fotokopi
  • Fotokopi BPKB
  • KTP asli + Fotokopi sesuai nama di STNK dan BPKB

Perpanjangan Pajak STNK Lima Tahunan

  • Cek Fisik Kendaraan
  • STNK Asli + Fotokopi
  • Fotokopi BPKB
  • KTP Asli + Fotokopi sesuai nama di STNK dan BPKB

2. Setelah usai melengkapi berkas, serahkan berkas permohonan perpanjang Pajak STNK tersebut ke Loket Penyerahan berkas.

3. Kemudian tunggu sampai dipanggil nama sesuai data yang tercantum di STNK.

4. Setelah itu Anda akan diberikan slip pembayaran Pajak yang telah tercantum biaya pajak yang harus dibayar.

5. Serahkan Slip pembayaran tersebut kepada petugas di loket dan uang sebesar biaya pajak ke Kasir.

6. Selesai membayar pajak, Anda akan memperoleh bukti pelunasan pembayaran pajak dan bukti tersebut diserahkan ke loket Pengambilan STNK.

7. Silahkan tunggu hingga nama anda dipanggil. STNK baru anda telah diperpanjang satu tahun ke depan.

8. Untuk proses perpanjang pajak lima tahunan, setelah selesai proses pembayaran pajak STNK, bawa bukti pembayaran pajak tersebut ke loket pengambilan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) untuk mengambil Plat nomor yang baru.

Selain di kantor Samsat setempat, khusus proses perpanjangan pajak tahunan juga dapat dilakukan di Samsat keliling dan gerai Samsat yang terdapat di kota-kota anda. Jangan lupa untuk membawa KTP dan BPKB asli sebagai bukti keaslian.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai cara perpanjang pajak kendaraan bermotor yang mudah. Bagikan artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih

0