7 Tips Jitu Perawatan Ac Mobil Agar Tetap Berfungsi Secara Normal

Perawatan Ac Mobil – Di zaman modern ini, alat taransportasi adalah sebuah kebutuhan bagi umat manusia di muka bumi. Adanya sebuah alat transportasi memungkinkan seorang manusia untuk berpindah dari satu tempat ketempat lain dengan waktu yang relative singkat atau cepat. Pada saat ini telah terdapat berbagai macam jenis alat transportasi. Baik alat transportasi umum maupun alat transportsai yang dimiliki sendiri. Salah satu alat transportasi yang dimiliki sendiri atau perorangan adalah mobil. Dalam sebuah mobil ini terdapat berbagai macam fasilitas, misalnya saja ac. Agar ac mobil dapat bekerja optimal, maka sebagai pemilik mobil harus mengetahui tentang cara perawatan ac mobil yang benar.

Mobil termasuk salah satu jenis alat transportasi yang sering digunakan di era modern ini. Alat tarnsportasi yang satu ini menjadi pilihan masyarakat lantaran memiliki daya tampung barang maupun penumpang yang banyak. Dengan keunggulan ini, maka banyak manusia di muka bumi memiliki jenis kendaraan roda empat ini di rumah masing-masing.

Selain praktis, sebuah kendaraan bernama mobil ini juga nyaman saat dikendarai. Hal ini disebabkan penumpangnya tidak kepanasan maupun kehujanan saat menaiki tunggangan jenis ini. Selain itu, dalam sebuah mobil juga telah dilengkapi berbagai macam fitur yang sangat memanjakan para pemakainya. Fitur-fitur yang ada dalam mobil tersebut antara lain tape, tempat charger HP dan lain sebagainya. Salah satu jenis fitur dalam mobil adalah AC. Fitur ini memiliki peranan yang amat sangat penting. Fungsi AC mobil adalah untuk membuat suhu udara dalam mobil menjadi lebih dingin. Dengan suhu udara yang dingin inilah, maka akan membuat nyaman para penumpang moda transportasi roda empat tersebut.

Teknik Perawatan AC mobil

Fitur bernama AC dalam sebuah mobil menjadi hal yang amat sangat penting di masa ini. Alasan ini tidak terlepas dari suhu udara pada waktu siang hari yang begitu panasnya. Apalagi jika mobil tersebut digunakan di daerah perkotaan yang jarang terdapat tumbuhan hijau. Oleh karena hal tersebut, keberadaan AC dalam sebuah moda transportasi terutama mobil menjadi sebuah hal yang wajib ada.

Akan tetapi yang jadi masalah adalah terkadang AC dalam sebuah mobil tersebut rusak atau tidak mau berfungsi. Tentu saja kejadian ini menyebabkan rasa nyaman saat berkendara pada siang hari yang panas menjadi berkurang. Bahkan dapat menyebabkan mengendarai mobil disiang hari yang panas laksana maksud dalam sebuah oven. Hal ini pasti tidak diinginkan bukan? Oleh karena itu, perawatan terhadap fitur yang satu ini harus dilakukan oleh setiap pemiliknya.

Sebagai suatu fitur yang amat sangat penting, sebuah AC mobil juga membutuhkan yang namanya perawatan. Perawatan ini perlu dilakukan agar fitur pendingin dalam mobil ini dapat tetap berfungsi sebagaimana mestinya. Selain itu, perawatan AC mobil secara benar juga akan memperpanjang usia dari fitur pendingin ruangan roda empat tersebut. Dengan berfungsinya fitur ini menjadikan mobil yang anda miliki nyaman untuk dikendarai. Sebenarnya, cara perawatan AC mobil ini sangat mudah dan simpel. Berikut ini beberapa tips merawat sebuah AC mobil miliki pribadi yang perlu anda ketahui.

  1. Merawat filter kabin

Di dalam sebuah kabin mobil terdapat suatu bagian yang sangat penting untuk kelancaran fungsi dari AC. Bagian tersebut yaitu filter kabin. Untuk perawatan bagian yang satu ini, nada dapat membersihkan dari berbagai kotoran dan debu yang menempel. Pada waktu menyervis AC mobil sempatkan pula meminta pada mekaniknya untuk mengecek Filter kabin tersebut. Apabila bagian tersebut telah jelek atau rusak, maka alangkah baiknya segera minta untuk diganti dengan yang baru. Dengan perawatan yang rutin terhadap komponen ini, maka AC mobil anda akan selalu dalam kondisi yang prima, sehingga menambah kenyamanan dalam berkendara.

  1. Membersihkan kabin

Kabin mobil merupakan salah satu bagian yang ada dalam sebuah kendaraan roda empat. Dalam sebuah kabin ini sering ditempatkan berbagai macam barang atau benda. Di dalam sebuah kabin ini juga terdapat yang namanya filter. Filter ini memiliki fungsi yang sangat penting. Apabila pemakaian mobil tersebut tidak memperhatikan kebersihan kabin serta filternya, maka akan menyebabkan fitur AC tidak berfungsi. Hal ini disebabkan karena terdapat banyak debu dan kotoran lainnya dalam kabin serta filternya. Oleh karena itu. Bawalah barang-barang yang tidak menyebabkan kotor pada bagian kabin tersebut. saat parker usahakan untuk selalu menutup jendela dan pintu mobil. Langkah ini dapat mencegah kerusakan pada AC mobil anda.

Selain hal-hal tersebut, sebagai pemilik mobil anda juga bisa selalu mengecek kebersihan kabin. Bersihkanlah kabin jika terdapat kotoran atau debu yang menempel pada bagian tersebut. Jangan tunggu sampai banyak kotoran yang menempel pada kabin. Langkah ini sangat sepele, akan tetapi akan berdampak besar terhadap fungsi AC dalam kendaraan anda.

  1. Melakukan perawatan kondensor

Agar AC dalam kendaraan roda empat selalu berfungsi dengan baik. Salah saru bagian mobil yang harus diperhatikan yaitu kondensor. Kondensor ini juga memiliki peran yang penting dalam berfungsinya AC sebuah mobil. Apabila kondensor mobil ini kotor, maka AC dalam moda transportasi roda empat ini tidak akan berfungsi dengan baik. Bahkan lebih parahnya lagi dapat menyebabkan sistem pendingin ruangan mobil tidak berfungsi. Oleh karena itu, maka jagalah kebersihan kondensor mobil nada, jika dibutuhkan, anda dapat mencuci kondensor tersebut sampai benar-benar bersih.

  1. Memperhatikan RPM mobil

RPM merupakan sebuah satuan untuk mengukur putaran mesin mobil. Ternyata RPM ini juga berpengaruh terhadap kelancaran fungsi dari sebuah AC mobil, RPM mobil yang terlalu kecil ternyata dapat merusak dari AC. Oleh karena itu, maka selalu perhatikan RPM saat penggunaan pendingin mobil. Dengan memperhatikan hal yang sepele ini, maka akan menambah umur pakai dari AC mobil yang anda miliki.

  1. Melakukan servis AC secara rutin

Sistem pendingin mobil atau sering disebut dengan AC juga memerlukan sebuah servis agar selalu berfungsi dengan normal. Lakukanlah perawatan sistem pendingin ruangan ini secara berkala atau teratur.langkah ini tergolong sangat mudah karena anda tinggal mendatangi pusat servis AC mobil yang terpercaya. Dengan perawatan yang rutin ini, maka sebuah AC mobil akan berfungsi dengan lancar.

  1. Melakukan pemakaian kendaraan secara benar

Pemakaian kendaraan secara benar juga termasuk cara menjaga agar AC tetap berfungsi secara normal. Hal ini terkadang sepele, akan tetapi dampaknya sangat besar terhadap AC mobil anda. Usahakan jangan merokok pada waktu menggunakan AC. Perilaku ini perlu dihindari agar tidak merusak sistem pendingin mobil anda. Selain itu, asap rokok juga menyebabkan bau tidak sedap di dalam sebuah mobil.

  1. Memakai pengharum ruangan khusus mobil

Perawatan AC mobil selanjutnya adalah dengan memperhatikan penggunaan pengharum ruangan. Hal ini terlihat sangat sepele, akan tetapi berpengaruh terhadap fungsi sebuah AC. Gunakan selalu pengharum ruangan yang khusus untuk mobil, sehingga sistem pendingin akan selalu berfungsi secara normal.

Cara perawatan AC mobil merupakan sebuah kiat untuk merawat sebuah fitur pendingin ruangan dalam mobil agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya dan juga bertahan lebih lama untuk jangka panjang.

0