6 Cara Paling Ampuh Bikin Motor Kencang dan Bertenaga

Bikin Motor Kencang  – Motor dan indonesia merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Jumlah pengguna motor di indonesia setiap tahunnya selalu meningkat. Apalagi saat ini untuk mendapatkan satu buah sepeda motor sangat mudah. Setiap orang pasti ingin memiliki motor yang memiliki tenaga yang besar dan mudah digunakan. Saat ini ada banyak sekali jenis motor di pasaran. Dari yang kapasitas mesinnya kecil sampai yang besar. Harganya pun bermacam-macam. Misalnya ada yang kapasitas mesinnya 110 cc sampai 600 cc. Semakin besar kapasitas mesinnya akan semakin mahal harganya. Selain dari spesifikasi mesin motornya itu sendiri, ada juga bisa melakukan cara membuat motor bertenaga.

Cara-cara tersebut bisa anda lakukan sendiri di rumah, sehingga motor akan lebih bertenaga. Tak perlu bantuan montir di bengkel. Buat orang berkendara dengan kecepatan tinggi, kapasitas mesin ini memang sangat penting. Oleh karena itu semua cara dilakukan supaya mesinnya lebih bertenaga. Tapi untuk membuat motor lebih bertenaga memang tidak mudah. Membutuhkan biaya yang cukup mahal, karena ada banyak hal yang harus diganti. Tapi ada beberapa cara yang tak perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Bahkan anda bisa melakukan sendiri di rumah. Biaya yang dibutuhkan pun sangat terjangkau. Cocok buat anda yang minim biaya tapi ingin memiliki motor yang bertenaga. Untuk merubahnya menjadi lebih bertenaga anda bisa melakukan semua cara yang akan kami jelaskan dibawah ini. Berikut ini beberapa hal yang bisa anda lakukan, supaya motor anda lebih mudah bertenaga dan berkecepatan tinggi.

5 Cara Paling Ampuh Bikin Motor Kencang dan Bertenaga

1. Mengganti CDI Motor

Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengganti CDI motor. Milik anda. semua motor biasanya memakai CDI standar dengan kapasitas yang sesuai dengan standar aslinya. Untuk menghasilkan tenaga yang lebih tinggi, anda harus mengganti CDI motor anda dengan CDI racing. CDI racing biasanya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Cdi ini memang begitu pengaruh dengan kecepatan tenaga dari motor yang anda beli. Oleh karena itu ketika ingin membeli sepeda motor, tanyakan berapa kapasitas CDInya. Sehingga anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan tak perlu mengganti CDI lagi.

2. Mengganti Bagian Karburator Motor

Tahap selanjutnya adalah mengganti karburator motor anda. ini akan membantu mesin motor lebih bertenaga. Ketika motor bermasalah atau tidak bisa dinyalakan, pasti akan berhubungan dengan karburatornya. Karena bagian ini menjadi bagian vital dari sebuah sepeda motor. Untuk membuat tenaga yang lebih besar, anda bisa mengganti karburator yang lebih besar. Ini akan sangat berpengaruh dengan tenaga yang dihasilkan oleh mesin motor itu sendiri. Pada saat mengganti karburator, jangan lupa untuk menyetel anginnya, sehingga kinerja mesin semakin maksimal dan bagus. Selain itu karburator harus dibersihkan secara rutin. Jangan biarkan karburator kotor, karena akan berpengaruh dengan kualitas tenaga mesin yang dihasilkan.

3. Mengganti Knalpot Motor

Cara membuat motor bertenaga selanjutnya dengan mengganti knalpot motor anda. knalpot digunakan sebagai proses pembuangan bahan bakar. Semakin bagus knalpotnya, proses pembakaran motor akan semakin baik. Sehingga mesin bisa menghasilkan tenaga yang lebih maksimal. Jika jenis knalpot anda masih standar, bisa mengganti ke jenis knalpot racing. Knalpot racing jenisnya juga banyak sekali. Jadi anda tinggal memilih sesuai dengan keinginan anda. suara yang kasar bukan berarti bisa menghasilkan tenaga yang besar. Pilih yang spesifikasinya bagus. Sehingga tenaga yang dihasilkan oleh motor semakin besar.

4. Mengganti Oli Motor

Motor tanpa oli tak akan pernah bertenaga. Oli ini menjadi hal yang penting dari sebuah kendaraan bermotor. Oli akan melapisi mesin dengan baik, sehingga bisa bekerja dengan baik. oleh karena itu anda tidak bisa menganggap sepele dengan yang namanya oli. Harus memilih oli yang berkualitas tinggi dan diganti secara rutin. Merk oli di pasaran saat ini sangat banyak sekali. Dari yang harganya murah sampai harganya mahal. Jangan pernah memilih oli secara sembarangan, karena akan mempengaruhi kinerja dari mesin motor anda. Ganti oli yang berkualitas dan bisa menjaga mesin dengan baik. Sehingga mesin tidak cepat panas, walaupun sudah memakai tenaga penuh. Jika anda tidak terlalu paham tentang jenis oli, jangan takut untuk menanyakan di tempat servise. Jenis oli apa yang cocok untuk motor anda.

5. Mengganti Gear Roda

Banyak orang yang menyepelekan gear roda motor. Padahal ini sangat penting untuk membuat motor tetap bertenaga dan bekerja dengan baik. Setiap jenis motor memiliki ukuran gear roda yang berbeda-beda. Bahkan terkadang gear bagian depan dan belakang memiliki ukuran yang berbeda. Ukuran gear roda yang standar sekitar 15-36. Tapi jika anda ingin memiliki sepeda motor yang lebih bertenaga, gunakan gear motor yang berukuran 13-35. Ukuran ini akan membuat drag jarak oper gigi sedikit lebih jauh dan membuat motor lebih bertenaga.

6. Mengganti Velg dan Ban Motor

Nah ini salah satu faktor terpenting juga untuk menambah motor lebih kencang dan bertenaga, jika motor menggunakan kubikasi mesin 150cc dengan ban 180 dan velg 17inch maka motor akan jadi berat misal di total ban belakang berat 20kg. Beda dengan menggunakan ban ukuran 120 dengan velg 17 inch yang misal berat ban belakang berkisar  9kg, motor akan lebih kencang karena beban yang dimiliki tidak terlalu berat.

Sebenarnya masih banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membuat motor lebih bertenaga. Tapi cara yang lain membutuhkan biaya yang lebih mahal. untuk memiliki motor yang berkualitas anda memang harus memiliki uang yang banyak. Untuk cara diatas mudah dilakukan dan tidak butuh modal yang besar. Hampir semua cara diatas, akan mempengaruhi kinerja dari mesin motor. Banyak montir motor yang merekomendasikan cara diatas, jika ingin memiliki motor yang tenaga mesinnya lebih besar. Jangan hanya mengandalkan satu cara saja, tapi harus dilakukan secara keseluruhan. Sehingga anda tahu mana yang terbaik buat motor anda.

Yang paling penting, setiap motor memiliki spesifikasi yang berbeda-beda. Anda harus memahami keadaan komponen motor anda. Jangan sampai malah terjadi kesalahan dalam penggantian motor dan membuat masalah nantinya. Kalau memang anda tidak begitu paham tentang otomotif, cobalah untuk menanyakan kepada montir motor. Akan lebih baik untuk membeli motor yang memang sudah bertenaga dari awal. Yang memiliki kapasitas yang besar. Saat ini sudah banyak vendor sepeda motor, yang memproduksi motor dengan kapasitas yang tinggi dan bertenaga. Jadi anda tak perlu mengganti semua komponen motor lagi. tapi tentunya harga yang ditawarkan sangat mahal. Bahkan bisa mencapai 400 juta rupiah.

Jangan pernah mengganti komponen motor dengan komponen yang palsu. Gantilah dengan komponen yang berkualitas dan akan membuat motor anda tetap baik. Selain mengganti semua komponen diatas. Anda juga harus merawat motor dengan baik. Misalnya selalu memanasi mesin dengan rutin, mengganti oli kalau memang sudah waktunya, bersihkan bagian karburator, memakai motor dengan baik dan masih banyak lainnya. Semua cara membuat motor bertenaga diatas tak perlu biaya yang mahal. Jadi anda bisa mencobanya sendiri di rumah. Demikian sedikit informasi yang bisa kami berikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat buat anda.

0