Apa Pengertian Mesin Turbo itu?

Mesin TurboApa Pengertian Mesin Turbo itu? Pada saat ini mesin turbo pada mobil sangat di idamkan oleh para pengendara. Kenapa demikian? pastinya teknologi mesin jenis turbo memberikan kinerja mesin yang jauh lebih maksimal di bandingkan dengan mesin supercharger. Oh ya mesin turbo biasa di sebut dengan turbocharger di kalangan mekanik. Sedangkan supercharger ini adalah mesin pada umumnya yang ada pada kendaraan.

Pengertian Turbocharger

Berbicara soal apa itu turbocharger?, menurut informasi yang di kutip dari wikipedia. Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari turbin sebagai sumber tenaganya berasal dari asap gas buang kendaraan. Biasanya digunakan di mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan keluaran tenaga dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang memasuki mesin. Kunci keuntungan dari turbocharger adalah mereka menawarkan sebuah peningkatan yang lumayan banyak dalam tenaga mesin hanya dengan sedikit menambah berat.

Logika gampangnya seperti ini turbocharger bisa di katakan sebagai “pompa turbin” yang memiliki tugas untuk menghisap udara segar untuk kemudian dihembuskan sekuat mungkin ke saluran intake manifold mesin sehingga timbul tekanan udara.

Penampakan mesin turbo BMW

Mesin Turbo BMW

Ketika katup intake telah terbuka, maka udara bertekanan tadi dengan cepat berpindah ke dalam ruang bakar tanpa perlu menunggu tersedot oleh kavakuman akibat langkah isap piston. Sehingga udara yang akan dimampatkan dalam silinder menjadi lebih banyak.

Setelah ia bercampur dengan uap bahan bakar kemudian dimampatkan didalam slinder lalu diberi percikan api dari busi, maka terjadilah ledakan energi yang mendorong piston untuk memutar poros engkol.

Untuk menyempurnakan kinerja turbocharger atau mesin turbo ini, biasanya pabrikan kendaraan menambah komponen intercooler  yang dipasang di antara turbocharger dan saluran intake mesin sebelum throttle body.

Intercooler memiliki fungsi untuk menurunkan suhu udara pada mesin yang dihembuskan oleh turbocharger menuju saluran intake mesin.Dengan kondisi udara yang lebih dingin membuat kandungan molekul oksigen menjadi lebih rapat dan padat sehingga tenaga dan efisiensi bahan bakar meningkat secara beriringan.

Sejarah Mesin Turbo

Turbocharger ini ditemukan oleh seorang insinyur yang berasal dari Swiss Alfred Büchi. Patennya untuk turbocharger diaplikasikan untuk dipakai tahun 1905. Awalnya turbocharger hanya di aplikasikan pada mesin Lokomotif dan kapal bermesin diesel yang mulai terlihat pada tahun 1920an.

Ada banyak bedanya antara mesin turbo dan mesin yang menggunakan bahan bakar bensin. Terdapat sebuah kerugian pada mesin bensin yaitu rasio kompresi harus direndahkan (agar tidak melewat tekanan kompresi maksimum dan untuk mencegah knocking mesin) yang menurunkan efisiensi mesin ketika beroperasi pada tenaga rendah.

Kerugian ini tidak ada dalam mesin diesel diturbocharge yang dirancang khusus. Namun, untuk operasi pada ketinggian, pendapatan tenaga dari sebuah turbocharger membuat perbedaan yang jauh dengan keluaran tenaga total dari kedua jenis mesin. Faktor terakhir ini membuat mesin pesawat dengan turbocharger sangat menguntungkan dan merupakan awal pemikiran untuk pengembangan alat ini.

Cara kerja Turbocharger

Komponen pada mesin turbo memiliki tiga bagian penting yaitu: roda turbin, roda kompressor dan rumah as. Roda turbin yang bersudu-sudu ini berputar memanfaatkan tekanan gas buang keluar, kemudian melalui as terputarnya roda turbin ini berputar pula roda kompressor dengan sudu-sudunya sehingga memompa udara masuk dalam massa yang padat. Mengingat komponen ini sering berputar melebihi 80,000 putaran per menit maka pelumasan yang baik sangat diperlukan. Seringkali juga mesin bekerja melebihi kapasitas sehingga kemungkinan terjadi kelebihan kompresi udara oleh karena itu turbocharger di lengkapi dengan pengatur level udara yang masuk.

Proses kinerja mesin turbo

Pada intinya Turbocharger merupakan sebuah instrumen yang memiliki fungsi untuk memaksa udara masuk lebih banyak kedalam ruang bakar sehingga daya yang dihasilkan menjadi lebih besar, lebih jelasnya lihat gambar.

Gambar cara kerja mesin turbo

Keuntungan Turbocharger:

Kinerja mesin sangat responsif
Pada segi bahan bakar sangat Ekonomis Bahan Bakar
Ramah lingkungan tidak begitu membuat polusi
Fun dalam artian mengendarai tipe mesin ini sangat nyaman.

Kekurangan Turbocharger

Membutuhkan perawatan ekstra terutama pelumasan
Menambah berat kendaraan
Boros Oli
Harga yang di butuhkan untuk membeli kendaraan dengan tipe mesin ini sangat mahal

Kesimpulan seacara keseluruhan bahwa mesin turbo atau turbocharger ini sangat maksimal dan menguntungkan.

Lalu bagaiamana cara kita sebagai pengguna jika memiliki kendaraan dengan mesin tenaga turbo atau turbocharger? Sebagai pengguna yang pasti kita harus pintar dalam merawat mesin ini, demi kenyamanan dan daya tahan alias kemampuan mesin bisa terjaga, maka wajib melakukan perawatan mesin turbocharger secara berkala dan rutin. Berikut tipsnya:

Tips Perawatan Turbocharger

Service secara rutin

Menggunakan oli yang direkomendasi

Pilih bengkel yang benar-benar ahli dalam perawatan turbo

Periksa setiap kebocoran oli, suara-suara aneh dan getaran yang tidak wajar.

Power kurang, suara keras, asap biru atau hitam, kemungkinan mengindikasikan masalah pada mesin, bukan turbo.

Panaskan mesin beberapa saat, tunggu temperatur oli mesin mencapai suhu kerja optimal sebelum menggenjot pedal gas dalam-dalam untuk mengaktifkan turbo.

disarankan untuk memasang Turbo Timer untuk mencegah kerusakan pada Turbo ketika mesin dimatikan setelah pemakaian.

Nah beberapa kemajuan yang di tampakkan oleh mesin turbo ini adalah yang dahulunya di pakai oleh kendaraan atau mobil dengan tipe SUV, namun sekarang sudah mulai di bekalkan ke mobil sedan dan mobil mewah lainnya guna memeberikan nilai lebih. Contohnya yang sedang trend di Indonesia adalah Honda All New Civic Turbo

turbonesia

Kamu pasti juga suka..

Komentari dong gan..